mari belajar Autocad, Photoshop, Ecommerce, apa saja yang menghasilkan!

baru saja membaca kabar dari esqnews.com jadi trenyuh rasanya, bagaimana tidak? banyak sekali lulusan SMK yang menganggur usai lulus sekolahnya. kalau digabung dengan lulusan SMA, SMP, D3 dan perguruan tinggi, jumlahnya bisa mencapai 7.2 juta orang. dan yang persentasenya paling banyak adalah SMK!

jadi malu sendiri mengingat saya dulu juga jebolan SMK di Jepara. walaupun Alhamdulillah saya belum pernah menganggur. yang jadi pertanyaan adalah, bukankah SMK adalah sekolah yang membekali murid-muridnya dengan ketrampilan yang bisa dipergunakan untuk bekerja? kalau memang tidak tertampung dalam suatu perusahaan, bukankah masih bisa berwirausaha ?. jawabannya mungkin beragam, salah satunya mungkin karena kemampuan, kesempatan, modal, dll.

pengalaman saya sekolah di SMK, memang skill yang diajarkan hanya dasar-dasarnya saja. masih harus diasah lagi diluar sekolah, kalau saya dulu kerajinan kayu, maka saya bekerja sambil belajar di beberapa bengkel furniture disekitar rumah saya. kalau dengan teknik lainnya, hendaknya juga demikian agar skillnya semakin terasah dan nanti kalau sudah lulus langsung siap kerja.

khusus untuk teknik furniture, mesin, sipil, bangunan, elektro, dll, jangan lupa membekali diri dengan penguasaan program untuk membuat gambar kerja, seperti Autocad. kebetulan saya juga mengajar Autocad private dirumah dan disekitar tempat tinggal saya daerah Tangerang dan Serang. selain autocad, ada juga photoshop yang berguna untuk editing photo dan bisa juga digunakan untuk membuat macam-2 desain grafis dan web mockup. ada lagi Illustrator yang bisa untuk desain logo, pokoknya apa saja yang menghasilkan marilah kita sama-2 belajar.

saya membuka diri untuk adik-adik yang masih belajar di SMK atau lulusan SMK yang mau belajar program Autocad. bisa dirumah saya atau dirumah masing-masing. biaya bisa nego tergantung lokasi, dan bagi yang merasa kurang mampu saya berbesar hati untuk membagi ilmu dan pengalaman saya dengan gratis, alias tidak usah bayar.

bagi yang jauh, bisa belajar juga dengan cara lewat email, nanti saya kasih buku panduannya dan bila ada pertanyaan bisa lewat telp. / SMS

demikian semoga bisa membantu adik-2 supaya bisa cepet bekerja baik di perusahaan maupun freelance. oiya, silahkan contact saya di zaenal_ama@yahoo.co.id atau telp di 0852 1158 8535

terima kasih

 

One thought on “mari belajar Autocad, Photoshop, Ecommerce, apa saja yang menghasilkan!

Tinggalkan Balasan

