Inspirasi : Petani Sukses Indonesia

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

tunas cabe

tunas cabe

Senangnya hati ini melihat tanaman cabe mulai tumbuh, tunas cabe ini aku semai dari sebuah biji cabe yg sudah kering kira-kira 2 minggu yanglalu. indah ya.. sebuah keajaiban alam sedang menunjukkan keindahannya. hehe…

sebelumnya juga aku telah menanam tomat yangjuga aku semai dari biji tomat. sakarang dah besar namun belum berbuah, lihatlah, dibawah ini:

tomat

tomat

kalau tomat ini usianya kurang lebih 2 bulan. memang akhir-akhir ini aku lagi senang menanam. apapun yang kutemui didapur pasti kutanam, mulai dari jahe, kunyit, sereh, tomat dan terakhir cabe ini. aku punya target beberapa bulan kedepan sudah tidak usah membeli tomat / cabe untuk memasak, itung-2 mengurangi pengeluaran, dan mulai hidup sehat, karena tanaman ini semua tumbuh tanpa pupuk kimia, hanya pupuk kandang minta dari tetangga.

kadang pengen lebih serius menekuni tanam-menanan ini tapi apa daya, kebun gak punya apalagi sawah, hanya halaman sempit yang bisa dimanfaatkan.

tahukah kawan, kalau kita juga bisa sukses dibidang pertanian? beberapa waktu lalu sengaja browsing beberapa cerita petani yang sukses dari bisnis pertanian, mereka adalah:

1. Kisah sukses P. Jumadi:

Petani tidak selalu berkonotasi dengan kemiskinan. Petani ”boleh” dan bisa kaya. Syaratnya, mau bekerja keras, pandai memanfaatkan setiap peluang usaha, dan berani berspekulasi. Spekulasi dalam usaha tani bukan berarti tanpa perhitungan, tetapi justru dengan perhitungan yang matang.

Sukses menjadi petani karena jeli memanfaatkan peluang usaha telah dibuktikan oleh Jumadi, pria berusia 40 tahun, warga Desa Margosari, Kecamatan Metrokibang, Kabupaten Lampung Timur.

Jumadi mengawali usaha taninya dengan lahan 0,75 hektar pada 1991. Dalam waktu kurang dari 17 tahun, ayah satu anak ini telah memiliki 28,5 hektar lahan kering yang tersebar di dua kabupaten, Lampung Timur dan Lampung Selatan.

Menghitung penghasilannya, dengan luas lahan pertanian 28,5 hektar, pendapatan Jumadi tentulah tidak kecil. Apalagi di tengah meroketnya harga jagung yang merupakan komoditas andalan Jumadi belakangan ini … read more>>

 

2. Sanusi petani sukses meraih penghargaan danamon Award:

Petani Indonesia wajib berbahagia, danamon award yang dilaksanakan 22 September -24 Oktober 2014 memasukan nama seorang petani sukses asal desa rancalabuh ,kecamatan Kemiri, Kabupaten Tangerang. Provinsi Banten. Sanusi , si petani sukses itu kini masuk lima besar. seorang petani urban asal Tuban Jawa Timur ini  berhasil membuka lahan tidur seluas 30 hektar menjadi lahan pertanian produktif. Lahan yang kini ditanami padi, timun, kacang panjang dan beberapa jenis tanaman hortikultura lainnya.  Dengan sistem pertanian modern dan pengairan yang mengandalkan pompanisasi berhasil menaikkan hasil panen padi dari 1-2 ton per hektar menjadi 6-7 hektar per hektar.

read more>>

3. H. bambang petani beromzet 50 Milyar

Cerita soal petani tidak semuanya mengenaskan. Ada pula yang menggembirakan, bahkan membanggakan. Tengok saja H Bambang Sumadji HS, petani dari Desa Pelem, Kecamatan Pare, Kediri Jawa Timur. Ia dikenal sebagai petani sukses. Bayangkan, sebulan ia bisa meraup omset Rp 50 milyar! Memang hasil itu tidak semuanya diperoleh dari hasil pertanian, melainkan juga dari pabrik dan bank. Namun pertanian, utamanya bawang merah dan cabe, tetap menjadi basis utama usaha pria berumur 49 tahun itu.

read more>>

saya lampirkan 3 cerita saja ya.. kalau kawan-kawan mau browse masih banyak cerita-cerita lainnya yang tak kalah inspiratif.

selamat berkebun.. 🙂

 

 

 

Iklan

3 thoughts on “Inspirasi : Petani Sukses Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s