Gerakan sedekah unik, warung makan gratis

Assalamu’alaikum Wr Wb,

warung sedekah

warung sedekah

Alhamdulillah, senang sekali mengetahui artikel di beberapa blog dan berita yang mengulas masalah sedekah, tempo hari menemukan cara unik untuk bersedekah, di beberapa tempat di Indonesia, beberapa komunitas sedekah mendirikan sebuah tempat makan / warung yang dikhususkan untuk fakir miskin.

warung ini menyediakan makanan layaknya rumah makan / warung, namun para pembelinya tidak harus membayar, atau bila membayar cukup seikhlasnya saja. jadi misalkan makan seharga 10rb, boleh membayar sebesar 1.500 saja. enak ya… hehe…

tapi jangan keenakan dulu, warung ini tidak terbuka untuk umu hanya kaum miskin saja yang diperbolehkan makan disitu, kalau kawan merasa miskin bolehlah makan, kalau tidak apa gak malu, hehe…

dibawah ini beberapa berita yang saya temukan:

1. Warung shodaqoh di Yogyakarta

Warung ini awalnya berada di daerah Yogyakarta, namun seiring kepopulerannya, beberapa daerah seperti Pekalongan, Solo hingga Cilacap memiliki warung serupa. Konsep warung ini cukup sederhana layaknya ‘angkringan’. Mereka pun memiliki slogan “Warung Sedekah Khusus Fakir Miskin & Kaum Dhuafa”.

Para pengunjung yang datang umumnya berasal dari masyarakat bawah. Seperti pengayuh becak, pemulung, juru parkir, dan tuna wisma. Dan tak hanya dewasa, anak kecil pun diperbolehkan menikmati hidangan di warung tersebut.

Dari berbagai sumber, umumnya warung ini beroperasi seletah Shalat Jumat. Umumnya warung ini menyiapkan 100-150 porsi setiap minggunya yang terdiri dari lauk cukup sederhana seperti tempe, tahu, telur, ayam, lele, dan sayur.

baca selengkapnya…

2. Warung sedekah di Cilacap

Ahad ini (30/03), agenda kegiatan komunitas Ahad Berbagi adalah mendirikan warung makan gratis di desa Sampang, kabupaten Cilacap. Berkonsep warung makan sederhana dengan menggelar tikar untuk lesehan dan spanduk bertuliskan “Warung Sedekah – Khusus Untuk Fakir Miskin & Kaum Dhuafa”.

Diadakan tepat di depan pasar tradisional, dengan menyediakan menu ayam gorang, sayur kentang ati ampela, tempe kering, sup dan lalapan. Acara dimulai pukul 6 pagi, ditujukan untuk para dhuafa yang sedang bekerja di pagi hari seperti tukang becak, kuli panggul, tukang sapu jalanan, pengais sampah dll. Sarapan disediakan secara prasmanan. Mereka bisa mengambil mekanan semau dan sebanyak yang mereka inginkan tanpa perlu berpikir ulang jika harus membayar.

baca selengkapnya…

3. Warung amal di Balikpapan

Kami di Balikpapan sedang mengerjakan proyek bernama Warung AMAL. Warung Amal ini sebetulnya adalah Warung Subsidi.
Ide dasarnya adalah untuk membantu para dhuafa yang benar-benar tidak mampu untuk menghidupi dirinya sehari-hari agar bisa makan di warung tersebut dengan biaya semurah mungkin. Yang dimaksud dhuafa adalah para orang tua jompo yang tidak punya keluarga, janda-janda tua atau miskin, buruh kasar, sopir ojeg, tukang serabutan, musafir, dll.

baca selengkapnya…

bagaimana menurut kawan-2 ?? unik – unik ya… pengen juga buka di Cikande sini, kalau ada kawan-2 yang memiliki ide yang sama boleh kita joinan untuk buat warung semacam ini.

warung sedekah

warung sedekah

warung sedekah

warung sedekah

warung sedekah

warung sedekah

warung sedekah

warung sedekah

 

 

 

 

 

 

 

wassalam..

 

Iklan

5 thoughts on “Gerakan sedekah unik, warung makan gratis

  1. Ping balik: Kejaiban sedekah: Bikin kaya, Menyembuhkan penyakit, Memanjangkan umur, dan menolak bala | Zaenal Blog

  2. Ping balik: Sedekah Rombongan – Menyatukan sedekah supaya lebih dahsyat | Zaenal Blog

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s