Kisah nabi Nuh – Rasul pertama yg sabar

Bahtera nabi Nuh

Bahtera nabi Nuh

alhamdulillah, tiba saatnya kita merefresh ingatan kita untuk sedikit mengulas perjalanan hidup Nabi ke-3 dalam perjalanan sejarah ummat manusia, beliau adalah Nabi Nuh AS. Beliau adalah termasuk keturunan nabi Idris AS yang hidup 10 abad setelah kematian Nabi Adam AS.

beliau adalah Rasul pertama yang diutus oleh Allah untuk menyebarkan agama Islam kesuatu kaum tertentu. karena pada masa itu, ajaran Islam sudah mulai memudar setelah beberapa generasi sesudah nabi Idris mengajarkan islam pada keluarganya. Manusia juga mulai banyak dan membentuk kabilah sendiri.

dikisahkan bahwa sebelum nabi Nuh diutus ada beberapa orang sholeh yang mengajarkan Islam dan dicintai masyarakatnya. namun setelah mereka wafat, syetan memperdaya mereka untuk membuatkan patung dan setelah beberapa generasi berubah menjadi penyembahan berhala. kepada kaum inilah nabi Nuh diutus. surat Nu

menurut wikipedia, nama asli beliau adalah Abdul Ghafar (hamba dari yang maha pengampun) ayahnya bernama Lamak bin Metusyalih bin Idris. yang berarti beliau adalah Buyut dari Nabi Idris AS. Ibnu Abbas menceritakan, beliau diutus kepada kaumnya waktu berumur 480 tahun dan selama 120 tahun berdakwah, hanya ada beberapa orang saja yang kembali kejalan yang benar, kebanyakan menentang bahkan memusuhi beliau dengan keras.

Kisah Nabi Nuh dalam berdakwah banyak sekali diulas dalam Al-Qur’an sebagaimana juga sudah diulas dalam kitab-kitab sebelumnya yaitu kitab Taurat dan Injil. dalam al-Qur’an kisah beliau dapat dijumpai dalam surat Nuh, dan Surat Hud serta beberapa surat lainnya. dikisahkan bahwa setelah lama berdakwah dan lama sekali berdebat akhirnya Ummat beliau yaitu bani Rasib meminta disegerakan azab sebagai bukti dari kerasulan nabi Nuh.

Nabi Nuh pun berdo’a kepada Allah, dan Allah menyuruh beliau untuk mulai membuat Bahtera yang besar yang dapat menampung Binatang dan Manusia. setelah jadi, maka Nabi Nuh pun mengumpulkan bekal berupa binatang-2 ternak yang nanti berguna untuk menyambung kehidupan beliau dan orang-2 beriman bila nanti Azab Allah sudah reda.

mengenai Azab Allah berupa Banjir ini zaman sekarang sudah bisa dibuktikan oleh para Ilmuwan yang meneliti lapisan bumi pada daerah-2 yang diperkirakan sebagai tempat terjadinya Bencana banjir ini. ada beberapa literatur yang khusus mengulas mengenai lokasi terjadinya banjir pada masa nabi Nuh ini diantaranya adalah:

  1. bangsamusnah.com
  2. UNS

setelah banjir reda, barulah Nabi Nuh, keluarganya, dan orang-2 yang mengikutinya melanjutkan hidup untuk membangun komunitas dan akhirnya berkembang menjadi kota Thamanim yang masih termasuk daerah mesopotamia. setelah itu keturunan nabi Nuh pun meluas dan tersebar kebeberapa penjuru dunia.

dikisahkan pula beliau mempunyai bebera orang Putra yang nantinya menjadi nenek moyang bagi bangsa-2 tertentu. beliau mempunyai 3 orang anak,

  • Sam, menurunkan bangsa kulit putih
  • Yafith, menurunkan bangsa kulit Coklat dan merah
  • ham, menurunkan bangsa kulit hitam

dan dikisahkan pula, pada masa keturunan nabi Nuh ini pula orang-2 mulai berbicara dengan berbagai bahasa yang berbeda-beda hingga 80 macam bahasa. menjelaskan pada kita, mengapa manusia diberbagai penjuru bumi mempunyai bahasa yang berbeda.

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s