Nabi Ibrahim Khalilullah

Jejak kaki Nabi Ibrahim

Jejak kaki Nabi Ibrahim

Alhamdulillah, telah sampailah kita untuk mengambil pelajaran dari seorang Khalilullah / kekasih Allah, bapak para nabi, dan bapak dari semua agama samawi, yaitu nabi Ibrahim AS.

Sesungguhnya telah banyak sekali tulisan yg mengulas mengenai Kisah Hidup nabi Ibrahim ini, sumber otentiknya tentu saja bersumber dari al-Qur’an sebagai sumber paling terpercaya, selain itu juga terdapat pada kitab-kitab terdahulu, dimana agama kristen dan Yahudi jg mengenal nabi Ibrahim ini sebagai Bapak para Nabi dan orang yang sangat dimuliakan oleh Allah SWT.

Al-Qur’an banyak sekali merekam kejadian-kejadian penting dalam hidup nabi Ibrahim, diantaranya adalah:

Nabi Ibrahim adalah seorang nabi Ulul Azmi yang mempunyai Julukan Khalilullah (kekasih allah), Ulul Azmi adalah gelar/kedudukan khusus  yang diberikan pada seorang Nabi/Rasul yang mempunyai ketabahan dan kegigihan yang Luar biasa saat menyebarkan ajaran Islam. Sedangkan Julukan Khalilullah adalah kedudukan yang diberikan Allah kepada nabi Ibrahim sesuai dengan Al-Qur’an Surat annisa : 125.

Begitu besarnya penghargaan Allah terhadap beliau hingga saat ini kita kaum muslimin selalu menyebut namanya setiap kali shalat, disamping nama nabi kita Muhammad SAW. Beliau tidak pernah musyrik, dari kecil beliau dikaruniai ketajaman pikiran, dan kemampuan menganalisa kesesatan kaumnya, bahkan Bapaknya sendiri.

Menurut Wikipedia, nabi Ibrahim hidup di kota Ur, sekitar tahun 1997 – 1822 SM. Yaitu sekitar 103 tahun setelah masa nabi Sholeh. Nasabnya bersambung dengan nabi Sholeh yaitu sama-2 keturunan dari Syam bin nabi Nuh.

Kota tempat nabi Ibrahim tinggal masih termasuk kerajaan babilonia. Yaitu suatu kerajaan besar dimasa lalu,yang terkenal dengan Menaranya yaitu Menara Babel, dan Taman Gantungnya.

Menara Babel

Menara Babel

taman gantung

taman gantung

Lokasi kerajaan Babilonia ini sekarang termasuk negara Irak. Rajanya saat itu adalah Raja Namrudz yang wilayah kekuasaannya saat itu meliputi asia barat dan timur tengah. memang, pada masa Itu kerajaan Babilonia sedang dalam puncak kejayaannya, kota-2 dibangun sangat megah dengan berbagai landscapenya yang monumental.

namun sekali lagi sifat jelek manusia mendominasi, ketika

One thought on “Nabi Ibrahim Khalilullah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s