Nabi Shaleh & kaum Tsamud

Madain Shaleh

Madain Shaleh

Alhamdulillah, dibulan mulia ini kita masih bisa mengulas mengenai kisah perjuangan nabi-nabi untuk kita ambil pelajaran, dan kita terapkan dalam kita mengarungi samudra hidup di dunia ini. kali ini kita akan mengulas kehidupan Nabi Shaleh dan kaumnya tsamud.

Kisah nabi Shaleh dapat kita jumpai dalam al-Qur’an sebagaimana kita jumpai pula dalam kitab – kitab sebelumnya, yaitu Taurat, dan Injil. dibuktikan bahwa kaum yahudi serta nasrani juga mengetahui kisah beliau dalam kitab suci mereka. Kisah Nabi Saleh diceritakan oleh 72 ayat dalam 11 surah. di antaranya surah Al-A’raaf ayat 73 hingga 79, surah  Hud ayat 61 – 68 dan surah Al-Qamar ayat 23 – 32.

menurut Wikipedia, beliau hidup sekitar tahun 2100 sebelum masehi, atau sekitar 300 tahun setelah nabi Hud. beliau tinggal di daerah yang sekarang dinamakan Petra / madain Shaleh yaitu disuatu kawasan yang sekarang masuk negara Yordania

Petra - Yordania

Petra – Yordania

nabi Shaleh adalah seorang yang pandai, tangkas, dan Cerdas. selain itu juga berakhlak terpuji, dan selalu berkata benar, maka seharusnya orang-orang mudah menerima ajakannya, namun apa yang terjadi, kebanyakan mereka tidak beriman dan menyombongkan diri sehinggan mengundang datangnya Azab Allah SWT.

kaumnya Nabi Shaleh dinamakan Kaum Tsamut, dinamakan demikian karena keturunan kakek mereka yang bernama Tsamud yg bersambung nasabnya kepada Syam bin Nabi Nuh. mereka adalah suatu kaum yang telah sampai pada peradaban tertinggi pada zamannya, dimana mereka bisa memahat gunung-gunung sebagai tempat tinggal. sangat indah bahkan masih utuh sampai sekarang…

pahatan kaum Tsamud

pahatan kaum Tsamud

Istana Kaum Tsamud

Istana Kaum Tsamud

walau demikian dalam hal keagamaan mereka tersesat Jauh dalam kegelapan. mereka menyembah berhala dan menyangka berhala itulah yang bisa menolong dalam hal urusannya. Allah yang maha penyayang tidak akan membiarkan keadaan ini berlarut-larut, maka diutuslah nabi Shaleh kepada mereka untuk mengajak kejalan yang banar, yaitu menyembah Allah, yang tiada Tuhan lagi selain Dia.

selama beberapa waktu lamanya nabi shaleh berdakwah, namun hanya sedikit juga kaumnya yang mau beriman. dan semakin lama juga timbullah konflik dan ketegangan dianta mereka. hingga akhirnya kaumnya minta Bukti bahwa nabi Shaleh adalah orang yang benar.

Mukjizat nabi Shaleh – Unta Betina yang keluar dari batu besar

Nabi Shaleh berdo’a kepada Allah agar diberikan bukti kebenaran agamanya, dan Allah pun mengabulkan. Nabi Shaleh menunjuk sebuah batu besar maka terbelahlah batu itu dan keluarlah seekor Unta Betina. ” ini adalah Unta Allah, janganlah kamu semua mengganggu atau membunuhnya, supaya Azab Allah tidah jatuh kepada kalian”, pesan nabi Shaleh.

namun dasar kaum Tsamud adalah kaum yang keras kepala, ada beberapa pemuda yang menantang Azab allah dengan membunuh unta betina tersebut. setelah itu mereka bersorak sorai serta minta didatangkan azab bilamana Nabi Shaleh adalah orang yang benar.

akhirnya datang juga Azab yang dijanjikan. 3 hari setelah mereka membunuh Unta itu, datanglah gempa bumi yang diikuti oleh halilintar yang beriringan menumpas semua orang kafir seluruhnya.

demikianlah kesudahan bagi orang-orang yang menganggap remeh kebenaran, dan menganggap agama hanya permainan. semoga kita semua dimudahkan oleh Allah untuk berbuat kebaikan. amiinnnn…..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s